Sistem informasi pemasaran memungkinkan proses pemasaran menjadi lebih interaktif. Sistem informasi pemasaran berfungsi sebagai tempat penyimpanan proses-proses di dalam unit fungsional pemasaran. Sistem informasi pemasaran merupakan suatu sistem berbasi computer yang bekerja sama dengan sistem infromasi fungsional yang lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan.

         Sistem informasi pemasaran mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komponen-komponen pemasaran, seperti penelitian pasar, otomatisasi tenaga penjualan, manajemen hubungan pelanggan, manajemen penjualan, iklan dan promosi, serta berbagai kegiatan di dalam unit fungsional pemasaran lainnya.

Penelitian pemasaran

       Penelitian pemasaran bertujuan untuk mendapatkan data terbaru dan menjelaskan operasi pemasaran serta menyajikan penemuan tersebut bagi manajemen dalam mendukung pengambilan keputusan.

Otomatisasi Tenaga Penjualan

       Otomatisasi tenaga penjualan bertujuan untuk menambah produktifitas tenaga penjualan dalam memasarkan produk, serta mempercepat penangkapan dan analisis data penjualan untuk memudahkan para manajer dalam pengambilan keputusan dengan mempercepat pengiriman informasi kepada para manajer.

 

Pemasaran interaktif

       Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menerapkan pemasaran interaktif. Dalam hal ini, pelanggan tidak hanya sbertindak sebagai komponen pasif yang hanya menerima iklan dan promosi sebelum membeli barang, akan tetapi pelanggan juga dapat terlibat di dalam proses pemasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s