KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER

       Hardware, software dan brainware merupakan tiga komponen dari sistem komputer yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan infromasi atau data serta mengolah program. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Software yang akan mengoprasikan Hardware-nya. Hardware yang sudah didukung oleh software jug atidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoprasikan.

Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu:

1. Hardware ( Perangkat Keras )

        Perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set tadi. Melalui perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

      a)  Processing Device (CPU)

        CPU (Central Processing Unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input, output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan (Rizky Dhanta,25:2009).

      Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU. CPU memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksiinstruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah.

Gambar 1

Centarl Processing Unit

     Pandangan sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu (Abdul Kadir,52:2003):

       a. ALU ( Arithmetic Logic Unit )

Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (_), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (_), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (_) ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan,penambahan dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).

        Gambar 2

Arithmetic Logic Unit

      b.  CU (Control Unit)

          Unit control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksiinstruksi dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.

Gambar 3

Control Unit

        c.   Register

       Selain itu CPU juga memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. Register berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil dengan kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama. Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :

  • Instruction Register ( IR ). Digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.

Gambar 4

Instruction Register

  • Program Counter ( PC ). Digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya.

Gambar 5

Program Counter

  • General Purpose Register. Punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yang digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.

Gambar 6

General Purpose Register

  • Memory Data Register (MDR). Digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yg akan direkam ke  memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.

Gambar 7

Memory Data Register

  • Memory Address Register. Digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yang akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. Adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.

Gambar 8

Memory Adrress Register

      b. Input Device

         Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah (Abdul Kadir, 94:2003):

  • Keyboard. Keyboard merupakan peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka atau kode lain menjadi isyarat kistrik yang dapat diproses komputer.

Gambar 9

Keyboard

  • Ligth Pen. Light pen atau pena bercahaya adalah perangkat berbentuk pena yang dapat digunakan untuk mengendalikan aplikasi dalam komputer dengan cara menempelkan ujung pena ke layar.

Gambar 10

Light Pen

  • Pointing Device. Pointing device adalah joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan.Untuk menggerakan petunjuk pada layar dilakukan dengan menekan peranti ini ke arah yang dikehendaki.

Gambar 11

Pointing Device

  • Mouse. Mouse merupakan alat bantu inputan dari keyboard yang bekerja pada tampilan yang bersifat GUI (Graphical User Interfaces). Artinya, mouse hanya bisa digunakan bila tampilan bersifat grafis atau visual seperti penggunaan mouse pada windows.

Gambar 12

Mouse

  • Touch screen. Touch screen atau layar sentuh adalah jenis layar yang secara khusus dirancang agar pemakai dapat memilih tindakan tertentu pada aplikasi dengan cara menyentuh layar menggunakan ujung jari. Touchscreen merupakan suatu piranti elektronika yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai output (penampil UI) dan sebagai input perintah.

Gambar 13

Touch Screen

  • Digitizer Grapich Tablet. Digitizer graphics tablet adalah perangkat yang mengonversi gambar yang dibuat dengan tombol khusus atau pena pada suatu permukaan yang sensitif.

Gambar 14

Digitizer Graphich Tablet

  • Joystick. Joystick biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat dengan cara kerja mirip mouse. Joystick ini fungsinya untuk menggerakkan kursor di komputer seperti halnya mouse tetapi joystick digunakan sebagai controler game.

Gambar 15

Joystick

  • Touch Tone. Touch tone atau biasa disebut DTMF (Dual Tone Multi Frequency) adalah piranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk masukan informasi atau perintah touch tone merupakan peralatan yang dapat menangkap informasi dan perintah dalam bentuk audio yang berasal dari tombol-tombol telepon.

Gambar 16

Touch Tone

  • Bar Code Scanner. Barcode scanner atau pembaca bar code adalah piranti yang berfungsi untuk membaca data dalam bentuk bar code.

Gambar 17

Bar Code Scanner

  • Optical Character Reader (OCR) . OCR adalah sebuah sistem komputer yang dapat membaca huruf, baik yang berasal dari sebuah pencetak (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan.

Gambar 18

Optical Character Reader

  • Pengenal Tulisan Tangan. Pengenal tulisan tangan (handwariting recognizer) merupakan piranti yang berguna untuk mengenali tanda tangan seseorang.

Gambar 19

Handwariting Recognizer

  • Microphone. Mikrofon adalah suatu jenis tranduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik.

Gambar 20

Mikrofon

  • Voice recognizer. Voice recognizer dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter.

Gambar 21

Voice Recognizer

  • Magnetick Ink Character Reader (MICR). Magnetic ink character reader (MICR) adalah piranti yang berfungsi untuk membaca informasi yang dicetak pada cek yang dibuat dengan tinta magnetik.

Gambar 22

Magnetick Ink Character Reader

  • Pembaca Kartu Magnetik. Kartu magnetik berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik. Pada pita magnetik data tertentu dapat diletakan. Data yang ditempatkan pada pita ini dapat berupa nomor pegawai, identitas bank dan nomor rekening nasabah. Melalui pembaca kartu magnetik, data pada pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.

Gambar 23

Pembaca Kartu Magnetik

  • Pembaca Kartu Cerdas. Pembaca kartu cerdas (smart card) adalah komponen komputer berukuran kecil yang dilengkapi chip dan mengandung prosesor, RAM, ROM serta sistem operasi dengan keamanan yang tinggi.

Gambar 24

Pembaca Kartu Cerdas

  • Pembaca Sidik Jari. Pembaca sidik jari (finger print reader) adalah piranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang.Hasil pembacaan berupa data atau gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang.

Gambar 25

Pembaca Sidik Jari

  • Pembaca Retina Mata. Alat ini membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata.

Gambar 26

Pembaca Retina Mata

  • Kamera. Sebuah kamera dapat dianggap sebagai sebuah piranti yang dapat mengubah sebuah citra optis ke isyarat elektonis.

Gambar 27

Kamera

  • Sensor. Sensor adalah piranti yang dapat menghimpun data dari lingkungan dan mengirimkannya ke sistem komputer.

Gambar 28

Sensor

  • Glove. Piranti glove biasa digunakan pada aplikasi “virtual reality”. Misalnya untuk melakukan simulasi penerbangan.

Gambar 29

Glove

  • Headset. Headset adalah peralatan yang dipasang pada kepala untuk memantau gerakan kepala.

Gambar 30

Headset

  • Walker.Walker dipasang pada kaki dan berfungsi untuk memonitor gerakan kaki.

Gambar 31

Walker

       c.  Output Device

Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah (Abdul Kadir,150:2003):

  •   Monitor. Monitor adalah alat keluaran yang mempunyai peranan penting untuk menampilkan hasil yang telah diproses. Pada monitor juga dapat dilihat pengaturan alat-alat input dan output.

Gambar 32

Monitor

  • Printer. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas cetakan (dapat berupa kertas atau kaos ataupun yang lainnya).

Gambar 33

Printer

  • Plotter. Plotter merupakan piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna.

Gambar 34

Plotter

        d.  Device Storage

Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama. Terbagi menjadi dua yaitu :

1)  Internal Storage, adalah media penyimpanan yang terdapat didalam komputer yaitu :

  • RAM ( Random Access Memory ). Untuk menyimpan program yang diolah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat diisi atau ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
  • Input Storage.Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
  • Program Storage. Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
  • Working Storage. Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  • Output Storge. Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Gambar 35

RAM

  • ROM ( Read Only Memori ). Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Isi ROM dapat diubah dengan cara memprogram kembali, yaitu:
  • PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.
  • EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dengan sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

Gambar 37

ROM

       e.   External Storage

Perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama, yaitu :

  • Floppy Disk. Flopy disk atau disket merupakan media penyimpanan luar yang berbentuk kotak. Pada bagian dalam kotak disket terdapat kepingan magnetik yang berbentuk lingkaran tipis yang merupakan inti dari floppy.

Gambar 38

Floppy Disk

  • Hard Disk. Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi atau dapat diartikan dengan cakram keras.

Gambar 39

Hard Disk

  • CD Room. CD-ROM  merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.

Gambar 40

CD Room

  • DVD. DVD (digital versatile disc) mempunyai kapasitas penyimpanan cukup besar bila dibandingkan dengan cd-room yang ukuranya sama besar. DVD mempunyai kualitas penyimpanan sangat baik. DVD bisa digunakan untuk menyimpan file berupa film.

Gambar 41

DVD

 

  • USB Flash Disk. USB flash disk adalah piranti penyimpanan eksternal yang berbentuk pena dengan panjang 53-63.5 mm, lebar 17 mm dan tinggi 8 mm.

Gambar 42

USB Flash Disk

  •  Kartu Memori. Kartu memori (memory card) adalah jenis penyimpanan permanen yang biasa digunakan pada PDA atau kamera digital.

Gambar 43

Kartu Memori

2. Software (Perangkat Lunak)

         Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

      a.  Operating System

           Sistem operasi atau operating system ialah program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Perangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :Linux, Windows dan Mac OS.

           Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan software. Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

       b. Application Program

           Application Program adalah program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan. Contoh : Microsoft Word, Microsoft Excel, CorelDraw X4.

       c.  Language Program

         Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa pemrograman, seperti: Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer, seperti : Visual basic, Turbo pascal dan Delphi.

3. Brainware

        Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s